Meski di Tindas, Islam Semakin Berkembang Di Cina

Posted by

Sebuah survei terbaru di China menunjukkan bahwa memeluk agama masih merupakan hal penting di negara komunis tersebut. Islam disebut sebagai agama dengan pemeluk anak muda usia di bawah 30 tahun terbanyak di China, melampaui Buddha dan Katolik. Hal ini diungkap dari Survei Agama China 2015 yang dirilis Pusat Riset Survei Nasional, NSRC, di Universitas Renmin, seperti dikutip dari laman Global Times, pekan ini. Survei ini melibatkan wawancara dari 4.382 situs keagamaan di 31 wilayah antara 2013 hingga 2015.

Protestan memiliki situs keagamaan terbanyak sementara Buddha memiliki pemeluk terbesar di China.

Survei menemukan bahwa di antara lima agama besar di China--Buddha, Tao, Katolik, Protestan dan Islam--Islam adalah agama dengan pemeluk muda terbanyak, sebanyak 22,4 persen di antaranya berusia di bawah 30 tahun.

Katolik menempati posisi kedua pemeluk muda terbanyak dengan 22 persen. Sementara Buddha dan Tao, memiliki jumlah pemeluk terbesar di atas usia 60 tahun, meliputi 54,6 dan 53,8 persen dari total jemaah.

"Islam cenderung memiliki pemeluk lebih muda. Kebanyakan pemeluk Islam adalah kelompok etnis minoritas dan wanitanya biasa memiliki beberapa anak. Anak-anak mereka juga menjadi Muslim sementara sangat jarang orang dewasa yang masuk Islam," kata Wei Dedong, professor studi agama Buddha di Sekolah Filsafat di Universitas Renmin China.

Survei juga menunjukkan bahwa Badan Pemerintahan Urusan Agama China mengunjungi tempat ibadah 3,8 kali per tahun dan Departemen Persatuan Front Pekerja mengunjunginya 1,8 kali dalam setahun.

Riset meyakini tujuan badan pemerintah mengunjungi tempat ibadah adalah untuk memperkuat hubungan antara pemerintah dan kelompok keagamaan.

Sebelumnya riset yang dilakukan oleh Pew Forum on Religion & Public Life menunjukkan Islam akan berkembang pesat di seluruh dunia pada 2030. Muslim akan meningkat 26,4 persen dari total populasi dunia yang diperkirakan mencapai 8,3 miliar di tahun 2030.

Muslim di China berdasarkan riset Pew diperkirakan akan meningkat dari 23.308.000 pada 2010 menjadi 29.949.000 di tahun 2030.

Readmore: http://www.atjehcyber.net/2015/07/meski-ditindas-islam-berkembang-cepat.html#ixzz3lDOkHM6V 
Sumber: @atjehcyber | fb.com/atjehcyberID 


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:10 PM

0 komentar:

Post a Comment

Like us

Kategori

Kategori

Powered by Blogger.

Recent Comments

Subscribe

Recent Posts

Games

MY PROPHET MUHAMMAD SAW

Entri Populer